Friday 22 February 2013

Islam dalam Alkitab: Tafsir Matius 6:1-4 Tentang Ikhlas dalam Bersedekah


Sangat sedikit sekali yang memahami bahwa ajaran Islam sangat mencocoki apa yang diajarkan Yesus Kristus Isa Al Masih Sang Nabi Utusan Tuhan. Salah satu yang beliau ajarkan adalah PERINTAH untuk berSEDEKAH secara IKHLAS. Sangat menarik bahwa Sedekah secara IKHLAS yang diajarkan sang Nabi sejalan dengan apa yang diajarkan oleh Nabi sesudah beliau, Muhammad Rasulullah sholallahu alaihi wassalam.
Matius 6:1-4
6:1 Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.
6:2 Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
6:3 Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.
6:4 Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”
Allah Rabb yang mengutus Yesus Kristus berFirman, yang artinya:

Jika kalian menampakkan sedekah kalian maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir maka menyembunyikanya itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian, dan Allah maha mengetahui apa yang kalian kerjakan” (QS. Al-Baqoroh: 271).  


Sebagai makhluk sosial  yang baik Yuk kita bersedekah , 

No comments:

Post a Comment

Mohon pengertiannya: Jika mau berkomentar pada artikel ini, mohon berkomentar yang sopan dan berkaitan dengan isi artikel. Komentar yang disetujui minimal 10 kata. Mohon maaf kalau banyak komentar yang dihapus karena tidak sesuai dengan yang disyaratkan. Terimakasih atas kerjasamanya.